Posted on

GenPI.co – Ketua Umum Pengurus Besar Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (PB SEMMI) Bintang Wahyu Saputra menyoroti aksi BEM SI yang melakukan demo terkait penolakan wacana penundaan Pemilu 2024.

Sebelumnya, aliansi BEM Seluruh Indonesia (SI) menggelar demo di depan Patung Kuda menuju Istana Merdeka pada Senin (28/3).

Menurut Bintang, aksi BEM SI tersebut merupakan wujud dari demokrasi tentang aturan penyampaian pendapat kepada pemerintah.

“Mengenai aksi demo yang dilakukan teman-teman BEM SI, saya pikir itu merupakan hak demokrasi dan hal itu juga diatur dalam UU penyampaian pendapat di muka umum,” ujar Bintang kepada GenPI.co, Senin (28/3) malam.

Bintang menjelaskan aksi tersebut bisa memicu gejolak demo bagi setiap elemen mahasiswa di Indonesia.

Menurut dia, pihaknya pun bisa berkoordinasi dengan pengurus lainnya untuk menggelar demo menuntut wacana penundaan pemilu.

“Namun yang dilakukan teman-teman BEM SI juga pastinya memicu gerakan demo bagi setiap elemen mahasiswa di indonesia, termasuk PB SEMMI,” jelasnya.

Kendati demikian, Bintang menegaskan pihaknya akan berdiskusi terlebih dahulu sebelum melakukan aksi.

Sebab, kondisi itu harus disikapi serius antara pemberi dan penerima kebijakan.

“Substansi dari demonstrasi bukanlah mengenai ikut ikutan saja, melainkan menyuarakan aspirasi yang memang terjadi kesalahan atau ketidaksesuaian antara pemberi kebijakan dan penerima kebijakan,” tandasnya.

sumber: genpi.co