Posted on
Tidak Ada Sehelai Daunpun Yang Jatuh Kecuali Atas KehendakNya
Oleh: Ervan Taufiq
Dua hari yang lalu kita dikagetkan dengan sebuah aksi yang diluar logika orang modern dan secara kacamata Tauhid sebuah tindakan yang sangat bertentangan dalam perhelatan tingkat internasional.
Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:
وَلِلَّهِ مُلْكُ السَّمٰوٰتِ وَالْأَرْضِ  ۗ وَاللَّهُ عَلٰى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ
“Dan milik Allah-lah kerajaan langit dan bumi; dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.”
(QS. Ali ‘Imran 3: Ayat 189)
Tidak ada yang berkuasa selain Allah yang menguasai semua yang ada di alam semesta ini, bahkan tidak ada sehelai daun pun yang gugur melainkan atas kehendak Nya (Al-An’am: 59), karena Ia pemilik kerajaan langit dan bumi.
Demikian pula dengan hujan yang terjadi di manapun termasuk saat kegiatan lomba MotoGP di Mandalika tidak dapat dianggap sebagai gejala alam semata, melainkan ini semua atas izin dan kehendak Allah SWT.
Manusia sebagai pemegang amanah seharusnya memakmurkan alam semesta, sesuai dengan petunjukNya, tetapi kenyataan malah sebaliknya, sehingga bencana pun datang. Akhirnya boleh jadi orang-orang yang tidak berdosa pun menjadi korbannya.
Allah SWT memperingatkan manusia melalui bencana yang pernah menimpa umat terdahulu yang dijelaskan dalam Al Qur’an, gempa pada masa Nabi Musa (Al-A’raf:155), gempa pada masa Nabi Syu’aib (Al-Ankabut:37).
Selain itu, banjir kepada kaum Saba (Saba:16), banjir kepada umat Nabi Nuh (Al-Ankabut:14), angin yang sangat dingin kepada kaum ‘Ad (Al-Haqqah:6), angin berbatu kepada kaum Nabi Luth (Al-Qamar: 34), dan disambar petir kepada kaum Tsamud (fushshilat:17).
Dengan kejadian tersebut Allah SWT mengingatkan semua bencana itu bukanlah semata gejala alam, namun semua atas kehendak Nya agar kita selalu bertaubat dan kembali ke jalan-Nya.
وَلَنُذِيقَنَّهُمْ مِّنَ الْعَذَابِ الْأَدْنٰى دُونَ الْعَذَابِ الْأَكْبَرِ لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ
Dan pasti Kami timpakan kepada mereka sebagian siksa yang dekat (di dunia) sebelum azab yang lebih besar (di akhirat); agar mereka kembali (ke jalan yang benar).” (QS. As-Sajdah 32: Ayat 21).
Berpijak pada keterangan keterangan diatas, kita jangan sedikitpun percaya kepada siapapun yang mengaku ngaku mampu dan bisa menurunkan ataupun menahan turunnya hujan.
Tag: Majelis Ilmu
Bidang Media Dan Penggalangan Opini
PB Pemuda Muslimin Indonesia

sumber: pemudamuslim.org