Posted on

Wacana musyawarah daerah KNPI Kabupaten Purwakarta akan diselenggarakan di waktu dekat ini, menuai dinamika dalam proses pergantian wajah KNPI Kabupaten Purwakarta ke depan. Mengingat bakal calon beberapa pemuda dari berbagai elemen di Purwakarta sudah mendeklarasikan dirinya dalam mewarnai kontestasi perebutan kepemimpinan di Musda KNPI sekarang.

Regenerasi kepemimpinan dalam sebuah organisasi mutlaq adanya. Karena KNPI merupakan wadah yang menaungi semua OKP.

Namun ada beberapa hal yang harus dievaluasi dalam setiap periodesasi kepemimpinan itu agar hadirnya progresifitas organisasi ke arah lebih baik lagi. Termasuk status birokrat/ASN yang menjabat di KNPI.

Kami menilai, bahwa ketua KNPI ke depan harus berasal dari background aktivis dengan track record organisasi kepemudaan yang jelas agar secara kapasitas, pengalaman dan kemampuan teruji dalam membawa KNPI Purwakarta ke depan lebih maju lagi.

Sedangkan seorang birokrat itu belum tentu memiliki track record organisasi yang jelas. Seorang birokrat juga akan sangat dipengaruhi oleh aktivitas tanggungjawabnya dalam hal pekerjaannya. Apalagi ketika berada di jabatan strategis. Yang ada KNPI akan terbengkalai kembali sebagai rumah gerakan organisasi kepemudaan dan akan lebih memprioritaskan jabatan ASNnya. Jangan sampai terkesan bahwa KNPI sebagai organisasi yang mengamankan posisi para birokrat.

Selain itu, kami juga menyayangkan KNPI sejauh ini belum konsen terhadap pemberdayaan potensi-potensi pemuda di Purwakarta, adanya pembinaan serta pelatihan dalam menjawab tantangan zaman, serta alokasi anggaran secara tepat dan berjangka panjang. Sehingga tidak ada kesan bahwa KNPI jauh panggang dari api dengan OKP-OKP yang ada.

Maka oleh sebab itu, kami Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia Cabang Purwakarta menolak keras calon KNPI dari unsur birokrat. Yang kedua, kami menginginkan Musda kali ini diselenggarakan sesuai mekanisme organisasi, sehingga diketahui kapasitas, kemampuan serta visi dan misi dari calon ketua KNPI. Yang ketiga, kami ingin mengajak semua elemen pemuda untuk ikut andil mengevaluasi dan merumuskan hal-hal yang substansi terhadap perubahan & harapan KNPI ke depan agar lebih progresif, tidak hanya berbicara siapa yang jadi ketua umum KNPInya.

sumber: zilenial.net