Posted on
MUTIARA-MUTIARA ILAHIAH DI DALAM AL-QUR’AN
MUTIARA-MUTIARA DI DALAM KALIMAT BASMALAH
TEKS BASMALAH DI DALAM AL-QUR’AN
Ahmad Thib Raya UIN Jakarta
Bogor-Hotel Royal Pajajaran, Jumat, 18 Maret 2022
Hanya ada satu teks basmalah yang terdapat di dalam Al-Qur’an maupun hadis Rasulullah, tidak ada teks lain selain teks ini, yaitu: بِسۡمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحۡمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ . Artinya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.”
Teks basmalah ini dapat ditemukan di dalam Al-Qur’an sebanyak 115 kali, yang tersebar dalam berbagai tempat, yaitu:
1. Kalaimat Basmalah ditemukan di awal Surat Al-Fatihah, surat yang pertama. Di akhir tulisan Basamalah itu terdapat tanda no 1. Ini menunjukkan bahwa Basamalah di dalam Surat al-Fatihah itu dipandang sebagai ayat pertama.
2. Kalimat Basmalah ditemukan di awal setiap surat dari surat-surat Al-Qur’an, kecuali surat al-Yaubah, surah kesembilan. Ini berarti bahwa setiap surat memiliki Basmalah, kecuali surat Al-Taubah. Karena surat-surat di dalam Al-Qur’an berjumalah 114 surat, maka ada 113 surat yang dimulai dengan basmalah itu. Setiap kali seseorang memulai membaca surat Al-Qur’an, saat itu pula ia harus membaca basmalah. Semua teks basmalah dalam 113 surat itu sama, tidak ada beda antara basmalah dalam satu surat dengan surat yang lain.
3. Satu-saunya surat yang tidak dimulai dengan kalimat basmalah adalah surat Al-Bara’ah atau Surat Al-Taubah, surat kesembilan.
4. Kalimat Basmalah juga ditemukan di tengah-tengah Surat al-Naml, surat kedua puluh tujuh, ayat 30.
5. Di dalam Surat Hud, ayat 41 ditemukan kata Basmalah. Kalimat Basmalah yang ditemukan di dalam ayat hanya: بِسۡمِ ٱللَّهِ saja tidak ada kata ٱلرَّحۡمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ .
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kalimat Basmalah yang digunakan secara lengkap di dalam Al-Qur’an terdapat di 114 tempat. Kalimat Basamalah itu dapat di tempat 113 kali di awal setiap surat, kecuali surat al-Taubah dan 1 kali ditemukan di tengah surah. Ada satu Basmalah lagi di dalam surat Hud, ayat 41, tetapi Basmalah yang tidak lengkap. Yang tertulis hanya بِسۡمِ ٱللَّهِ saja.
Besok akan diuraikan mengapa di dalam Surat al-Taubah tidak diawal dengan Basmalah.

sumber: facebook.com/ahmad.thibraya.12