Posted on
MUTIARA-MUTIARA ILAHIAH DI DALAM AL-QUR’AN
MUTIARA-MUTIARA DI DALAM KALIMAT A’UDZU BILLAH
MANFAAT MEMOHON PERLINDUNGAN KEPADA ALLAH (2)
Ahmad Thib Raya UIN Jakarta
Jakarta-Matraman, Rabu, 16 Maret 2022
Dalam hadis yang lain juga disebutkan sebagai berikut: “Dari Abu Sa’id al-Khudhri ra, ia berkata bahwa Rasulullah saw, apabila hendak mendirikan shalat pada malam hari, beliau bertakbir lalu mengucapkan kalimat: سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ وَتَبَارَكَ اسْمُكَ وَتَعَالَى جَدُّكَ وَلَا إِلَهَ غَيْرُكَ ثُمَّ يَقُولُ اللَّهُ أَكْبَرُ كَبِيرًا ثُمَّ يَقُولُ أَعُوذُ بِاللَّهِ السَّمِيعِ الْعَلِيمِ مِنْ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ مِنْ هَمْزِهِ وَنَفْخِهِ (Maha suci Engkau, ya Allah, segala puji bagi Engkau, maha agung na-Mu, dan maha tinggi zatmu, tidak ada tuhan selain Engkau, lalu mengucapkan Allahu Akbar, kemudian ia tutup dengan ucapan: “Aku belindung kepada-Mu dari setan yang terkutuk, godaannya dan kesombongannya. (HR al-Tirmidzi).”
Dalam hadis riwayat Ibn Majah disebutkan sebagai berikut: “Dari Abu Umamah bahwa Rasulullah saw, ia berkata: “Janganlah sekali-kali seseorang di antara kalian, apabila kalian memasuki toilet, tidak membaca: اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الرِّجْسِ النَّجِسِ الْخَبِيثِ الْمُخْبِثِ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ(Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari perbuatan keji, najis, kotoran, dan yang menimbulkan kotoran, dan dari setan yang terkutuk)”. (HR Ibn Majah)”
Di dalam hadis riwayat Ahmad: “Dari Nafi’ bin Jubair bin Muth’im, dari bakanya, ia berkata: Aku melihat Rasulullah saw, apabila beliau masuk ke tempat untuk melaksanakan shalat, beliau:
d. Membaca 3 kali: اللَّهُ أَكْبَرُ كَبِيرًا اللَّهُ أَكْبَرُ كَبِيرًا اللَّهُ أَكْبَرُ كَبِيرًا الْحَمْدُ لِلَّهِ بُكْرَةً وَأَصِيلًا
e. Membaca 3 kali: سُبْحَانَ اللَّهِ بُكْرَةً وَأَصِيلاً
f. Membaca: اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ مِنْ هَمْزِهِ وَنَفْخِهِ وَنَفْثِهِ (Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari setan yang terkutuk, dari godaannya, kesombongannya, dan tipuannya). (HR Ahmad).”

sumber: facebook.com/ahmad.thibraya.12