Posted on
Rupanya di Palu juga terdapat beberapa destinasi wisata baru yang tak kalah hits degan tempat wisata lainnya yang lebih dulu populer.  Salah satunya adalah Puncak Paralayang Salena yang menyajikan keindahan alam khas pegunungan dengan panorama yang begitu menawan.
Dusun Salena sendiri merupakan desa wisata yang dikembangkan menjadi ecotourism, sehingga diharapkan bisa menjadi salah satu alternatif wisata unggulan di Palu yang menarik untuk dikunjungi.
Berada di dataran tinggi, Dusun Salena menyajikan pemandangan hijau dengan hamparan kebun milik warga.  Dari atas ketinggian pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan lepas Teluk Palu dan landscape Kota Palu yang begitu eksotis.  Sangat cocok untuk mencari secuil ketenangan dan sejenak menyingkir dari kebisingan kota.
Bukan hanya menikmati keindahan alamnya saja, di tempat ini pengunjung juga bisa melihat kehidupan masyarakat yang bersahaja dan penuh dengan kesederhanaan.  Lingkungan alam dan adat istiadat warisan leluhur masih tetap dilestarikan oleh Suku Kaili yang mendiami dataran tinggi Salena ini.
Meskipun masih dalam tahap pengembangan, namun objek wisata dengan nama Ecotourism of Salena ini sudah mencuri perhatian wisatawan.  Lokasi yang cukup dekat dari pusat Kota Palu membuat Puncak Salena semakin menarik untuk dikunjungi.
Meskipun akses jalan menuju ke puncak bukit penuh tantangan, namun semua akan segera terbayarkan dengan panorama alamnya yang menyejukkan mata.
Reporter: SY
Foto: Muhamad Ryan Saputra Wasek LITBANG (penelitian dan pengembangan) PW Pemuda Muslim Sulteng

sumber: pemudamuslim.org