Posted on
MUTIARA-MUTIARA ILAHIAH DI DALAM AL-QUR’AN
MUTIARA-MUTIARA DI DALAM KALIMAT A’UDZU BILLAH
PERINTAH ALLAH UNTUK BERLINDUNG KEPADA ALLAH DARI SETAN
Ahmad Thib Raya UIN Jakarta
Jakarta-Matraman, Minggu, 13 Maret 2022
Di dalam Al-Qur’an, ada sejumlah ayat yang menunjukkan adanya perintah untuk memohon perlindungan kepada Allah swt. Ayat-ayat yang memerintahkan untuk berlindung itu terdapat di dalam beberapa ayat berikut. Di antaranya terdapat di dalam QS. Al-Nahl [16]: 98: “Apabila kamu membaca Al-Quran hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari setan yang terkutuk.”
Di dalam QS. Al-A’raf [7]: 200 Allah memerintahkan sebagai berikut: “dan jika kamu ditimpa sesuatu godaan setan maka berlindunglah kepada Allah [Bacalah Audzu billah…].”
Di dalam QS. Ghafir (Mu’min) [40]: 56: “Sesungguhnya orang-orang yang memperdebatkan tentang ayat-ayat Allah tanpa alasan yang sampai kepada mereka[1325] tidak ada dalam dada mereka melainkan hanyalah (keinginan akan) kebesaran yang mereka sekali-kali tiada akan mencapainya, Maka mintalah perlindungan kepada Allah. Sesungguhnya Dia Maha mendengar lagi Maha melihat.”
Di dalam QS. Fushshilat [41]: 36: “dan jika setan mengganggumu dengan suatu gangguan, Maka mohonlah perlindungan kepada Allah. Sesungguhnya Dia-lah yang Maha mendengar lagi Maha mengetahui.
Dari ayat-ayat di atas dapat disimpulkan bahwa setan selalu mengganggu manusia dengan berbagai godaan yang dilakukannya. Godaan setan selalu bertujuan untuk menjerumuskan manusia dari jalan yang benar, jalan yang diridai oleh Allah swt. Oleh sebab itu, Allah memerintahkan manusia untuk selalu berlindung kepada Allah dari berbagai godaan setan. Tujuannya adalah agar manusia senantiasa berasa di jalan yang benar, jalan Allah swt, bukan jalan yang tidak benar, jalan setan.
Setiap kali Anda akan melakukan suatu perbuatan baik, ingin melakukan suatu kebajikan, sebaiknya Anda terlebih dahulu membaca A’uzdu billahi minasy syaithanir rajim. Bacaan itu dilakukan dengan niat semoga Allah menjauhkan Anda dari godaan setan pada saat Anda melakukan pekerjaan itu.

sumber: facebook.com/ahmad.thibraya.12