Posted on

Gorontalo (ANTARA) – Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel menggelar doa tahlilan dan malam penghiburan (takziyah) untuk almarhum Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin di Masjid Agung Baiturrahim, Desa Moluo, Kecamatan Kwandang, Gorontalo Utara, Selasa.

Doa tahlilan  dipimpin imam besar (Tuan Khadi) KH Hasan Tarua, juga dihadiri para imam wilayah, Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten setempat, Suleman Lakoro dan jajarannya, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten dan Provinsi serta ceramah agama oleh Ustadz Iqbal Pakaya.

Ia mengatakan atas nama pribadi dan DPP Syarikat Islam sangat berduka mendalam atas kepergian Bupati Indra Yasin pada enam hari yang lalu.

“Kepergian beliau sangat mengejutkan saya yang dikabari oleh Wakil Ketua DPRD Gorontalo Utara Roni Imran pada Kamis (3/3) pukul 04.30 WITA. Saya berada di Medan saat itu. Cukup lama saya terdiam sambil mengenang beliau yang sangat baik dan memiliki harapan yang besar dalam percepatan terwujudnya pembangunan daerah ini,” katanya.

Mengenang almarhum Bupati Indra Yasin, Rachmat bertutur pernah suatu hari seluruh Kepala Daerah di Provinsi Gorontalo diboyong ke Jakarta untuk menemui sejumlah Menteri.

Beliau sendiri memilih tidak berangkat. Saya tanya alasan beliau mengapa tidak berangkat. Katanya, kalau ke Jakarta pasti hanya akan bertemu satu atau dua orang Menteri.

Namun kalau mendampingi Wakil Ketua DPR RI berkunjung ke daerah ini, pasti bisa menyampaikan aspirasi rakyat kepada banyak Menteri.

“Saya tersenyum sambil bergumam cerdas juga beliau. Mengingat sebagai Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan saya membidangi 4 komisi yang diantaranya menangani pertanian, perkebunan, kelautan dan lingkungan hidup. Juga infrastruktur, perumahan, perdagangan, investasi, koperasi dan BUMN. Saya pun masih duduk di Komisi XI yang membidangi keuangan, Bappenas, OJK dan BI,” katanya.

Sehingga beliau sangat memanfaatkan saya untuk kepentingan rakyatnya. Apalagi saya selalu mengingatkan agar pak Bupati dapat terus memanfaatkan saya sebagai anggota DPR RI karena waktu kita begitu sempit dan banyak program yang harus kita berikan kepada rakyat.

Rachmat mengenang perkenalannya dengan Bupati Indra Yasin sejak mulai aktif di politik.

Beliau katanya, sering menyampaikan pemikiran untuk membangun daerah termasuk menyodorkan banyak proposal bantuan dari rakyatnya.

Itulah mengapa banyak program pembangunan yang saya arahkan ke Gorontalo Utara, sesuai aspirasi masyarakat yang disampaikan almarhum Bupati Indra Yasin.

Kami pun berkomitmen saling mendukung dalam memajukan daerah ini khususnya mengentaskan kemiskinan.

Sepanjang perjalanan menuju masjid ini, saya mencoba mengenang kebersamaan dengan beliau yang selalu aktif menyambut dan mendampingi saya saat berkunjung ke daerah ini.

“Beliau sangat baik dan pekerja keras. Saya akan berupaya mewujudkan harapan beliau untuk daerah dan rakyatnya. Mengajak pemerintah daerah untuk bangkit melanjutkan harapan beliau membangun daerah ini lebih cepat dan maju,” katanya pula.

Rachmat mengaku berbahagia dapat berkumpul dengan masyarakat untuk mendoakan almarhum agar dilapangkan alam kuburnya, diterangi cahaya, dimuliakan dan kelak ditempatkan di sisi Tuhan Yang Maha Esa.

Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel menggelar doa tahlilan 6 hari dan takziyah untuk almarhum Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin di Masjid Agung Baiturrahim Kwandang. ANTARA/Susanti Sako

sumber: antaranews.com