Posted on
Pada hari Kamis, tanggal, 3 Maret 2022, Dr. H. Indra Yasin, S.H., M.H (Bupati Kabupaten Gorontalo Utara/Ketua Pimpinan Wilayah Syarikat Islam Propinsi Gorontalo), wafat pada usia 68 tahun. Dr. H. Indra Yasin, S.H., M.H. (28 Juni 1954 – 3 Maret 2022) adalah Bupati Gorontalo Utara dua periode yakni 2012—2018 dan 2018—2022 dan Ketua Pimpinan Wilayah Syarikat Islam Propinsi Gorontalo 2017-2022. Sebelumnya ia menjabat sebagai Wakil Bupati Gorontalo Utara periode 2008—2012. Sebelum menjabat sebagai bupati, Indra Yasin meniti karir sebagai seorang birokrat. Indra Yasin mengawali karir birokrat sebagai guru di SMA Tri Dharma pada 1981. Kemudian Dosen IKIP Gorontalo (1981) dan Dosen IAIN Gorontalo (1982). Dalam perjalanan sebagai seorang birokrat, Indra Yasin pernah menduduki sejumlah jabatan strategis. Seperti Kepala Biro Hukum Setda Provinsi Gorontalo (2001), Sekretaris DPRD Provinsi Gorontalo (2004) hingga Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo Utara (2007-2013).
Saya pertama kali bertemu dan mengenal secara langsung dengan Dr. H. Indra Yasin, S.H., M.H, pada tahun 2017, ketika mendampingi Presiden Dewan Pimpinan Pusat Syarikat Islam Prof. Dr. Hamdan Zoelva, SH, MH, dalam acara Pelantikan Pengurus Wilayah Syarikat Islam Propinsi Gorontalo di Hotel Grand Q Gorontalo. Sebelum acara pelantikan tersebut kami dengan beberapa teman dari Dewan Pimpinan Pusat Syarikat Islam dijamu makan malam di rumah pribadi beliau dan khusus kepada Presiden Dewan Pimpinan Pusat Syarikat Islam Prof. Dr. Hamdan Zoelva, SH, MH, disambut dengan upacara adat Gorontalo. Ketika jamuan makan malam tersebut suasananya sangat akrab, kebetulan beliau juga alumni Sarjana Hukum (S1) dari Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin Makassar sama dengan Presiden Dewan Pimpinan Pusat Syarikat Islam Prof. Dr. Hamdan, SH, MH, dan saya sendiri.
Dr. H. Indra Yasin, S.H., M.H adalah orang baik, sangat santun, bicaranya lembut, dan tidak menjaga jarak dengan siapapun meskipun dia adalah seorang pejabat bupati. Pada saat pelantikan Pengurus Wilayah Syarikat Islam Propinsi Gorontalo dimana Dr. H. Indra Yasin, S.H., M.H sebagai Ketua, acaranya cukup meriah dihadiri oleh seluruh pengurus dan kaum Syarikat Islam dimana pengurusnya terdiri dari berbagai kalangan yaitu dari kalangan eksekutif meliputi Pimpinan Daerah baik di Propinsi dan Kabupaten, serta dari kalangan legislatif dari anggota DPRD Propinsi dan Kabupaten, dan juga dari kalangan Perguruan Tinggi yang bergelar Doktor dan Guru Besar (Profesor). Pada acara pelantikan pengurus wilayah tersebut juga dihibur oleh paduan suara, dimana anggota paduan suara tersebut dari kaum syarikat Islam atau keluarga dari kaum Syarikat Islam yang telah menjuarai berbagai kompetisi baik tingkat nasional maupun daerah.
Dr. H. Indra Yasin, S.H., M.H, adalah orang yang rajin mengikuti kegiatan Syarikat Islam terutama yang diadakan oleh Dewan Pimpinan Pusat Syarikat Islam. Ketika Dewan Pimpinan Pusat menyelenggarakan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) di Purwakarta tahun 2018 beliau datang dengan pengurus wilayah Propinsi Gorontalo lainnya, dan nginap di hotel Ciwareng yang sederhana di Purwakarta. Begitu juga ketika tahun 2019 Dewan Pimpinan Pusat menyelenggarakan Musyawarah Kerja Nasional di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat, beliau juga datang dengan rombongan pengurus lainnya. Pada Tahun 2020 Dewan Pimpinan Pusat Syarikat Islam juga menyelenggarakan Musyawarah Kerja Nasional secara daring dimana beliau juga hadir dari Hotel Grand Q Gorontalo melalui zoom meeting. Hanya saja ketika Kongres Nasional/Majelis Tahkim Syarikat Islam Ke 41 yang diselenggarakan di Novotel Hotel Solo, pada tanggal 3-5 Desember 2021, beliau tidak bisa hadir karena kesibukan beliau dan atau karena alasan kesehatan.
Almarhum Dr. H. Indra Yasin, S.H., M.H, selama hidupnya meninggalkan amal jariah dan ilmu yang bermanfaat, Amal Jariah, dan ilmu yang bermanfaat akan terus mengalir dan didoakan oleh seluruh masyarakat, khususnya di propinsi Gorontalo dan murid-muridnya sehinga Almarhum Dr. H. Indra Yasin, S.H., M.H,, Insya Allah mendapat tempat istirahat yang layak di sisi Allah Yang Maha Kuasa. Al Fatehah, Amien.
(Moh. Taufik Makarao).

sumber: facebook.com/mohammadtaufik.makarao.35